PIKIRANMASA.COM//BANTEN – Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) wilayah Banten periode 2024-2028 secara resmi dilantik. Prosesi pengukuhan diambil oleh Ketua APPI Pusat, Dr Weny Savitry Pandia, M.Si, Psikolog, di Syafana Islamic School, Primary – Gading Serpong, Sabtu (18/5/2024).

Ketua APPI Pusat Weny Savitry S Pandia, M.Si. mengharapkan dengan hadirnya APPI di Banten, dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat, mudah-mudahan kita bisa ikut membantu untuk mengoptimalkan pembelajaran dan pendidikan secara umum di wilayah Banten khususnya.

“Kemudian kepada masyarakat luas, APPI bisa memberi kontribusi dalam hal membantu orangtua mengasuh psikologi anak (parenting) dan hal-hal lainnya menyangkut perkembangan psikologi dewasa ini,” ujar Weny Savitry.

Ketua APPI Wilayah Banten, Winy Nila Wisudawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk dirinya beserta jajaran. Winy menyatakan komitmennya untuk membawa APPI Wilayah Banten dapat berkontribusi dengan baik bagi pemerintah, dalam bidang disiplin ilmu yang digelutinya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pengurus APPI Pusat, para anggota APPI Wilayah Banten dan Himpsi Banten atas kepercayaan yang telah diberikan untuk memimpin organisasi APPI Wilayah Banten periode 2024-2028,” kata Winy dalam pernyataan resminya.

Winy menerangkan, APPI merupakan organisasi profesi psikologi yang beranggotakan para sarjana psikologi, Ilmuwan psikologi dan psikolog yang memiliki minat pada bidang psikologi pendidikan.

Oleh karenanya, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Jakarta ini berharap, APPI wilayah Banten dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholder terkait seperti HIMPSI, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota/Kabupaten di wilayah Banten, sekolah-sekolah, universitas dan instansi terkait dalam mengatasi permasalahan pendidikan di Banten.

Kerjasamanya meliputi beberapa hal seperti webinar, seminar, pelatihan ataupun asesmen-asesmen psikologi yang nanti bisa kami coba bantu, yang dapat diikuti oleh para peserta didik, tenaga pendidik dan lembaga pendidikan,” jelas Winy.

“Saya berharap, APPI Banten dapat menjadi perpanjangan tangan APPI Pusat untuk berkontribusi secara positif di wilayah Banten. Semoga kehadiran kami diterima dengan baik oleh masyarakat dan semua stakeholder pendidikan di Banten,” ujar counselor di Syafana Islamic School Gading Serpong ini.

Dikatakan Winy, saat ini masalah pendidikan semakin banyak terjadi seperti perundungan (bullying), kekerasan seksual, dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar. “Kami berharap, kehadiran APPI wilayah Banten dapat membantu memberikan solusi untuk permasalahan tersebut,” tandasnya.

Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) wilayah Banten, Mohamad Abdillah Nur Adhi, M. Psi. Psikolog menyambut baik kehadiran APPI Wilayah Banten. Menurutnya, Di Provinsi Banten tantangan pendidikannya masih cukup banyak, dirinya berharap pengurus APPI Banten bisa berkolaborasi dengan pihak terkait untuk membantu mengatasi masalah pendidikan.

“Semoga ibu Winny dan Jajaran pengurus APPI Banten bisa segera langsung terjun mewujudkan layanan psikologi yang bermanfaat terutama di ranah pendidikan,” ujar Abdillah.

Kepala Disdikbud Provinsi Banten Dr. H. Tabrani, M.Pd. menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya APPI wilayah Banten. Dirinya berharap APPI Wilayah Banten dapat berkontribusi, bersinergi dengan penyelenggara pendidikan Provinsi Banten, baik itu sekolah negri maupun swasta.

“Hari ini secara nyata, banyak guru yang merasa khawatir melaksanakan profesinya sebagai guru, menghadapi dilema di satu keadaan dia harus mendidik dengan berbagai metode, di lain keadaan banyak orang tua dan masyarakat salah tafsir.

Karena hal tersebut, menurutnya penting bagi para psikolog perlu turun untuk memberikan pencerahan dan penjelasan terkait sikologi pendidikan. Bukan hanya kepada guru, tetapi juga kepada masyarakat luas,” ujar Tabrani kepada awak media.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Dr H Tabrani, M.Pd., Wali Kota Tangerang Selatan Tini Benyamin Davnie, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan Deden Deni, S.E., MM., Kepala Seksi Kelembagaan pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Dr Nanang Chaeroni, M. Pd., Owner Syafana Islamic School Nanang Firdaus Massuki, Lc., Wakil Rektor Universitas Pamulang, Dr. RR Dewi Anggraini, S.H., M.H., Ketua APPI Pusat Dr Weny Savitry Pandia, M. Si. Psikolog, Ketua HIMPSI Banten Mohamad Abdillah Nur Adhi, M. Psi. Psikolog dan sejumlah tamu undangan lainnya.(*)

Berikut susunan kepengurusan APPI Banten 2024-2028
Dewan Penasihat:
•⁠ ⁠Dr. Riana, S.Psi, M.Psi., Psikolog.
•⁠ ⁠Dr. Dra. Fransisca Iriani Roesmala Dewi, M.Si

Ketua : Winy Nila Wisudawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Wakil Ketua : Adianti Ruqoyah,S.Psi., M.Pd.
Sekretaris : Cindy, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Bendahara : Ayu Gardianti Putri, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Divisi Pengembangan Program, Anggota & Organisasi :
Koordinator : Dini Marlina, S.Psi., M.Psi.
Anggota : Fika Astridianingrum, S. Psi., M. Psi., Psikolog
Anggota : Chairunnissa, S. Psi., M. Psi., Psikolog

Divisi Humas, Kerjasama dan Transformasi Digital
Koordinator : Bella Gemilang Putri, S.Psi
Anggota : Watur Tatur Lita, S. Psi., M.M
Anggota : Rahmi Elyunusyah, S.Psi.

Divisi Asesmen, Pelatihan, Penelitian & Pengabdian Masyarakat
Koordinator : Arsyita Sri Wardhani, M.Psi., Psikolog
Anggota : Elsyeh Sulayman, S.Psi., MM
Anggota : Fransisda Tiodora Ferdiansyah, S.Psi., M.M., Psikolog.

By Den

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *