PIKIRANMASA.COM//JAKARTA – Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyatakan program naturalisasi pemain keturunan akan terus berlanjut. Terbaru, ada proses naturalisasi Justin Hubner yang memasuki fase akhir.

Pemain keturunan Belanda itu disebut tinggal selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Padahal, proses naturalisasi pemain berusia 20 tahun ini sempat mandek.

Selain Justin Hubner, PSSI menurut Erick Thohir juga tengah mengupayakan program naturalisasi kepada pemain keturunan yang lain yakni Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

“Kami proses naturalisasi Hubner, Idzes dan Nathan,” ujar Erick di sela acara Konser Pesta Bola Dunia 2023 #IndonesiaSukses di Studio 5 Indosiar, Sabtu (5/11/2023) malam WIB.

Selama ini program naturalisasi pemain keturunan Timnas Indonesia kerap menyasar pemain yang berposisi sebagai bek. Keberadaan Jordi Amat, Sandy Walsh, Elkan Baggott, dan beberapa nama lain menjadi bukti nyata.

Namun, Erick Thohir menyebut akan ada satu striker dan satu gelandang keturunan yang sedang dalam proses pendekatan untuk dinaturalisasi.

“Ada dua nama lagi yang kita bicarakan. Satu penyerang dan satu pemain tengah, tunggu dulu tapi, saya tidak bisa bocorin sebelum kesepakatan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Erick Thohir berharap proses naturalisasi pemain-pemain keturunan itu berjalan lancar. Sehingga mereka bisa dimainkan sat Timnas Indonesia berlaga di Piala Asia 2023 Januari mendatang.

“Kita usahakan bisa main di Piala Asia semua,” tandas Erick.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Asia 2023. Di sana ada juga Irak, Vietnam, dan Jepang yang akan bersaing dengan Tim Merah Putih.(***)

By Den

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *