PIKIRANMASA.COM//JAKARTA – Kawasan Wisata Gunung Ijen dinobatkan jadi bagian Unesco Global Geopark (UGG) pada 24 Mei 2023. Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno meminta warga sekitar Gunung Ijen menyiapkan paket wisata.

Karena wisata Gunung Ijen ada di dua daerah yang terlibat, yakni di Bondowoso dan Banyuwangi, Sandiaga meminta warga di 2 kabupaten itu memberikan dukungan pada wisata Ijen yang telah masuk UGG.

“Kalau geopark ini harus kita pastikan adalah keberagaman hayatinya dan juga adalah dukungan budaya dan masyarakat setempat,” kata Sandiaga.

Karena sudah masuk dalam UGG, Sandiaga meminta agar warga setempat di 2 kabupaten agar menyiapkan paket wisata. Supaya destinasi wisata yang akan dikunjungi wisatawan tidak hanya Kawah Ijen saja.

“Masyarakat setempat harus siap dengan paket wisatanya yang ramah lingkungan dan fokus pada pariwisata yang berkualitas. Supaya lama kunjungan lebih panjang dan belanja pada ekonomi lokal lebih besar,” jelasnya.

Sandiaga pun mendorong penyiapan produk ekonomi kreatif untuk mendukung diakuinya Ijen dalam UGG. Tentunya yang sesuai dengan kearifan lokal di Banyuwangi dan Bondowoso.

“Kami yakin, Ijen ini dengan blue fire menjadi aspek daya tarik wisata kelas dunia,” pungkasnya.(***)

By Den

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *