PIKIRANMASA.COM//JAKARTA – Perusahaan Indonesia nyatanya tak hanya jago kandang. Bahkan, ada yang merambah ekspansinya ke luar negeri sampai membuka fasilitas produksi di negara lain.

Salah satunya adalah mie instan besutan Indofood, Indomie, yang telah membuka pabrik, Serbia. Pabrik tersebut terletak sekitar 80 km dari ibu kota Beograd, tepatnya di wilayah Indija.

Pabrik ini bernaung di bawah perusahaan yang bernama Indoadriatic Industry. Dalam keterangan Pemerintah Vojvodina, perusahaan ini berdiri sejak tahun 2013 dan di tahun 2016 diresmikan oleh Presiden Serbia saat itu, Tomislav Nicolic.

Dalam keterangan KBRI Beograd, pabrik Indomie itu dibangun di atas tanah seluas 5 hektar tersebut memiliki total nilai investasi sebesar 11 juta Euro. Pabrik yang beroperasi mulai sejak bulan agustus 2016 telah menyerap ratusan tenaga kerja di Serbia yang mayoritas merupakan generasi muda Serbia.

Keberadaan Indomie di Eropa sendiri mulai populer. Di Belanda, Indomie bahkan memiliki akun instagram @indomienederland yang selalu mengunggah postingan aneka ragam olahan produk Indomie.

Selain di Eropa, Indomie juga memiliki pusat produksi di beberapa negara Timur Tengah seperti Arab Saudi. Termasuk Maroko, Nigeria, dan Kenya.

Namun tak hanya Indomie yang memiliki pabrik di luar negeri. Perusahaan makanan legendaris lainnya GarudaFood juga membuka pabrik di luar negeri.

Tercatat, perusahaan yang lahir di Pati, Jawa Tengah, itu memiliki pabrik di India. Pabrik itu bernama Garuda Polyflex Foods Private Limited, yang letaknya berada dekat dengan kota Bangalore, yang saat ini dikenal sebagai Silicon Valley-nya India.

Mengutip dari situs resminya, Garuda Polyflex Foods Private Limited merupakan sebuah perusahaan Joint Venture antara GarudaFood dan Polyflex Group of India. Perusahaan itu dibentuk pada tahun 2011 lalu

Garuda Polyflex Foods Private Limited tercatat memproduksi berbagai macam produk makanan dan minuman. Salah satunya adalah stik wafer bermerk Gery dan minuman jelly Gone Mad.(***)

By Den

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *