PIKIRANMASA.COM//JAKARTA – Hasil Timnas Indonesia vs Argentina dalam FIFA Matchday 2023 ditutup dengan skor akhir 0-2. Gol Leandro Paredes dan Cristian Romero pada masing-masing babak di Gelora Bung Karno pada Senin 19 Juni 2023 menjadi kunci sang juara Piala Dunia 2022 menang atas tuan rumah.

Hasil Timnas Indonesia vs Argentina ini sudah dapat ditebak dengan perbedaan ranking FIFA kedua tim yang sangat mencolok.

Garuda ada di peringkat 149 FIFA pada edisi April 2023, sedangkan La Albiceleste adalah ranking 1 FIFA. Namun, Timnas Indonesia menunjukkan kegigihan tersendiri menghadapi Argentina yang tidak turun full team dalam laga Tur Asia 2023 kedua mereka ini.

Timnas Argentina datang ke Indonesia tanpa trio pemain senior mereka, Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi. Namun, starting XI pilihan Lionel Scaloni tetap diisi para pemain kunci yang membawa Albiceleste juara Piala Dunia 2022, yaitu Emi Martinez, Cristian Romero, Leandro Paredes, hingga Julian Alvarez.

Sepanjang babak pertama, Argentina mendominasi jalannya laga. Penguasaan bola Albiceleste mencapai 78 persen, dengan total tembakan 15 kali. Ada 3 percobaan Argentina yang mengarah ke gawang Ernando Ari. Nico Gonzalez dan Julian Alvarez menjadi penggawa Albiceleste yang paling merepotkan pertahanan Indonesia.

Setelah serangkaian percobaan, gawang Indonesia terkoyak pada menit 38. Leandro Paredes melepaskan tembakan roket dari luar kotak penalti yang tidak bisa dibendung lagi oleh Ernando Ari. Sang kiper Indonesia sendiri melakukan beberapa penyelamatan atas aksi Nahuel Molina hingga Nico Gonzalez.

Awal babak kedua, Timnas Indonesia coba lebih menggebrak. Masuknya Pratama Arhan menggantikan Shayne Pattynama jadi kunci. Lemparan ke dalam khas Arhan berbuah peluang emas Elkan Baggot pada menit 51. Tandukan sang bek jangkung harus ditinju oleh Emi Martinez melewati mistar gawang.

Namun, keberanian Indonesia bermain lebih terbuka, juga berarti risiko lebih besar. Argentina melenggang pada menit 56. Bermula dari tendangan sudut Giovani Lo Celso, Cristian Romero yang leluasa di kotak penalti Indonesia menanduk bola. Ernando Ari tidak bisa berbuat apa-apa untuk gol kedua La Albiceleste.

Hadirnya Pratama Arhan membuat Indonesia punya keuntungan tersendiri dalam lemparan ke dalam. Beberapa percobaan throw in Garuda membuat Argentina kerepotan. Namun, tidak ada celah yang bisa ditembus oleh Indonesia,

Menit 78, umpan lambung dari pertahanan Garuda disambut oleh Dendi Sulistyawan. Namun, dalam posisi dikawal Cristian Romero, sang penyerang Bhayangkara FC tidak bisa berbuat banyak. Pertandingan berjalan lebih keras menjelang akhir pertandingan.

Menit 90, Asnawi Mangkualam bisa mengambil bola dengan bersih dari Alejandro Garnacho. Namun, ini dibalas dengan tackle Garnacho yang berbuah pelanggaran. Argentina yang melakukan 3 pergantian pemain di sisa pertandingan sebenarnya punya peluang lagi via Garnacho (93′), tetapi tembakannya masih gagal.

Sang juara Piala Dunia 2022 menyelesaikan Tur Asia 2023 mereka dengan kemenangan kembar 0-2, lawan Australia dan Indonesia. Sebaliknya, bagi Indonesia, kekalahan 0-2 ini tetap menunjukkan perkembangan positif, terutama soal keberanian para pemain Garuda berduel 1 lawan 1 menghadapi tim ranking 1 FIFA.(***)

Susunan pemain:

Timnas Indonesia (4-4-2): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Rizky Ridho, Ivar Jenner (Yacob Sayuri 84′), Marc Klok, Marselino Ferdinan, Shayne Pattynama (Pratama Arhan 46′), Dimas Drajad (Dendi Sulistyawan 46′), Rafael Struick (Witan Sulaeman 65′)

Argentina (4-4-2): Emi Martinez, Facundo Medina (Marcos Acuna 60′), Cristian Romero, German Pezzella, Nahuel Molina, Exequiel Palacios (Thiago Almada 84′), Facundo Buonanotte (Lucas Ocampos 74′), Giovani Lo Celso, Leandro Paredes (Guido Rodriguez 84′); Julian Alvarez (Giovanni Simeone 84′), Nico Gonzalez (Alejandro Garnacho 60′)

By Den

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *