PIKIRANMASA.COM//JAKARTA – Indonesia akhirnya memenangkan medali emas dari cabang sepakbola SEA Games 2023 Kamboja. Sukses diraih usai mengalahkan Thailand 5-2 di partai final.

Di final sepakbola SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand 5-2 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Dua gol tim asuhan Indra Sjafri diborong Ramadan Sananta di babak pertama.

Pada babak kedua, Indonesia sempat kebobolan oleh Thailand lewat aksi Anan Yodsangwal. Thailand kemudian menyamakan skor di masa injury time menjadi 2-2, lewat gol Yotsakon Burapha. Laga lanjut ke babak tambahan.

Di masa extra time, Indonesia mendapat gol ketiganya. Irfan Jauhari mencetak gol ketiga Indonesia, dan gol keempat dicetak Fajar Fathur Rachman, serta Beckham Putra ikutan mencatatkan namanya di papan skor. Gol terakhir disumbang memastikan kemenangan 5-2 sampai peluit panjang berbunyi.

Kemenangan itu memastikan Indonesia mendulang medali emas di SEA Games 2023. Medali emas sepakbola akhirnya kembali diraih setelah menanti 32 tahun.

Ya, terakhir sepakbola Indonesia memenangkan medali emas di SEA Games 1991 Manila. Total Indonesia sudah memenangkan tiga medali emas dari cabang sepakbola, dengan yang pertama diraih pada SEA Games 1987 di Jakarta.

Total, medali emas dari sepakbola ini menjadi emas ke-87 yang diraih Indonesia di SEA Games 2023. Selamat, Garuda Muda!.(***)

By Den

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *