PIKIRANMASA.COM//JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarga direncanakan melakukan Salat Idulfitri 1444 H/2023 M di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah. Salat Id pertama di masjid itu bakal dipimpin Khatib KH Abdul Karim Al-Hafidz, guru mengaji Jokowi.

“Imamnya nanti KH Agus Ma’arif,” kata salah satu Takmir Masjid Raya Sheikh Zayed, Imron Supomo, Kamis (20/4).

Imron mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kantor Staf Kepresidenan dan Paspampres terkait kehadiran Presiden Jokowi saat Salat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed. Ia membeberkan tidak banyak persiapan khusus yang harus disediakan dari pihak takmir.

“Memang ada persiapan khusus. Tapi tidak akan banyak perubahan. Nanti tetap seperti biasa karena beliau ingin berbaur dengan masyarakat,” katanya.

Menurut Imron, nantinya saf 1 dan 2 akan dikhususkan bagi Presiden Jokowi dan tamu-tamu VIP. Selain itu, dua barisan pertama jamaah salat itu akan diisi tim Paspampres.

Megawati Umumkan Ganjar Sebagai Capres, Partai Buruh Beri Sinyal Dukungan

“Saf 1 dan 2 nanti khusus VVIP. Tapi tidak akan ada sekat-sekat,” katanya.

Imron memperkirakan Masjid Raya Sheikh Zayed mampu menampung 20 ribu jamaah di dalam bangunan dan halaman masjid. Namun diperkirakan jamaah salat Idul Fitri akan membludak mengingat animo masyarakat sangat tinggi selama ini.

Karena itu, pihak Takmir telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo untuk mensterilisasi jalan di sekitar masjid dari parkir kendaraan bermotor. Masyarakat yang tidak tertampung di area masjid bisa mengikuti Salat idul Fitri di jalan.

“Seperti di tempat-tempat yang lain, kalau tidak muat pasti akan meluber ke jalan. Masyarakat silakan menggunakan tikar atau yang lain untuk alas,” katanya.(***)

By Den

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *